Rabu, 06 Juli 2011

Cara Mudah Meningkatkan Performa Mesin Kendaraan


Bagi setiap pemilik kendaraan khususnya cowok tentu ingin performa kendaraan yang di milikinya baik itu motor ataupun mobil bisa meningkat. Selain melakukan perawatan yang rutin, sebenarnya ada cara dan tips lain untuk meningkatkan performa kendaraan.

Cara tersebut adalah 9power. Mungkin ada yang bertanya apa itu 9power. 9power adalah sebuah alat yang dipasang di kabel untuk menstabilkan arus listrik yang dihasilkan oleh koil motor, membuang frekuensi liar atau tegangan tak tentu dari koil, memfokuskan dan mempersempit arus sehingga menjadi titik tembak menuju ke busi untuk digunakan sebagai api pembakaran. Arus yg stabil menghasilkan api yang baik (ibarat kompor baru merupakan api biru) sehingga ledakan pembakaran menjadi sempurna dan hampir tidak ada molekul bensin yang terbuang percuma. Ruang bakar menjadi bersih dan kerja piston menjadi tidak berat alhasil dapat mendongkrak kinerja mesin motor anda.


Apa kelebihan dari 9power ?

Berikut beberapa kelebihan yang di miliki 9power:
1.      Memaksimalkan akselerasi, power dan speed kendaraan anda
2.      Pengapian cepat dan bagus
3.      Hemat BBM minimal 10%
4.      Bebas perawatan
5.      Plug and Go
6.      Bisa digunakan untuk semua mesin 2tak, 4tak, dan matic. Mobil juga bisa menggunakannya (selain mobil cermesin solar)
-         matik : mio, skydrive...
-         2tak : rx king, f1zr...
-         bebek 4tak : satria fu, vixion, jupiter z, vega zr, suprax, suprax125

Bagaimana cara menggunakannya ?

Cara pemasangan 9power cukup mudah. Berikut gambar pemasangan 9power pada sepeda motor.


Dan ini contoh pemasangan 9power di mobil.









Bukti kelebihan dari 9power

Hasil dari pengujian 9power dengan menggunakan Dyno Test


Hasil uji 9Power pada Yamaha Vega R dengan menggunakan Dyno Test


Komentar para pengguna 9power:
-         kerasa banget beda tenaga yg dihasilkan dari sebelum pake sama sesudah pake 9power
-         Letikan api yg awalnya biru campur merah,setelah pakai, warna jadi biru yg menandakan letikan sempurna, so pasti kerak hasil pembakran yg dihasilkan berkurang drastis
-         letikan dari koil lebih panjang berkisar 7-9cm!!!yg awalny cuma 4-5 cm..ini yg buat saya kesetrum hebat waktu ngetest 9power...
-         "kok bisa yah??padahal cuma gitu doank"..haha..

Ada kekurangannya gak ?. Memang, ada beberapa pengguna 9power yang merasakan kekuarangan dari produk 9power antara lain:
1.      Mesin lebih cepat panas. Itu dikarenakan 9power membantu pembakaran didalam mesin lebih sempurna, otomatis pada saat proses pembakaran yang sempurna didalam mesin letupan bahan bakar akan lebih kuat sehingga kompresi mesin meningkat inilah yang akhirnya mesin jadi panas. Solusinya dengan cara mengecilkan stelan anginnya (rekomendasi dari Ko Herry selaku penemu 9power).
2.      Kurang cocok untuk motor dengan rpm di atas 8000.
 

Cara Mudah Meningkatkan Performa Mesin Motor

Seringkali muncul pertanyaan, gimana sih mas cara mudah bikin motor lebih kenceng…? Pertanyaan sederhana, tapi jawabnya bingung mau mulai darimana, kalok dijawab diiket tampar trus dicantolin ke pesawat sih anak kecil juga tau jawabnya :) Jadi riset selama ini menunjukkan ada beberapa cara hemat, mudah, ringkas untuk dilakukan untuk memperbaiki kinerja mesin, bahkan meningkatkan tenaganya.
  • Menambah kapasitas mesin – Kapasitas mesin lebih besar berarti lebih bertenaga, bukan berarti kapasitas kecil ga bisa kencang, orang yang bore up gila2an aja kadang masih kalah dengan yang kapasitasnya lebih kecil :) Tapi mengesampingkan hal itu semua, untuk motor harian, meningkatkan kapasitas mesin lebih besar dari bawaan pabrik akan memperbaiki prestasi motor, karena kamu bisa memperoleh lebih banyak debit gas yang terbakar dalam setiap putaran mesin, masuk akal bukan… :) Caranya hanya ada dua : Melesakkan piston dengan diameter lebih besar, atau memanjangkan langkah ayun piston dengan menggeser big end lebih maju atau mengganti dengan pen stroker aftermarket yang umum dijual di pasaran.
  • Meningkatkan Rasio – Rasio Kompresi yang lebih tinggi pasti memproduksi tenaga lebih, sedikit atau banyak. Semakin kamu padatkan campuran udara/bahan bakar , semakin cepat campuran ini menyembur menjadi api secara spontan, namun tentunya harus diimbangi dengan oktan bahan bakar yang pas untuk mencegah pembakaran dini. Ini jawaban kenapa mesin motor balap road-race, atau drag yang diliput di tabloid-majalah umumnya memakai bahan bakar ber oktan tinggi – karena mesin mereka memakai rasio kompresi lebih tinggi untuk mendapatkan tenaga. Lantas caranya bagaimana, ada banyak cara. Mulai dari memapas kop atau cylinder head, blok, meninggikan dome piston, atau mempersempit kubah ruang bakar hingga menyerupai bak mandi orang kaya (bathtub maksudnya) kalok yang belum tau bathtub… sama… hahahahah soalnya di rumah adanya emberrrr :D Atau bisa juga dengan menggabungkan berbagai metoda itu.
  • Mudahkan udara mengalir masuk – Ketika piston meluncur mundur atau turun pada langkah hisap, hambatan udara dapat merampok pundi-pundi tenaga dari mesin. Hambatan udara bisa dikurangi dengan modifikasi serius, karena kesalahan bisa berakibat fatal, melakukan modifikasi pada saluran pemasukan silinder atau seringkali disebut Porting, selain memperbesar volumenya, pun harus memperhatikan geometri porting agar lebih terarah dan aliran udara menjadi lembut. Teknik lain yang mampu mengurangi hambatan secara drastis adalah konfigurasi multi klep masuk atau menempatkan 2 klep masuk dalam sebuah silinder. Dan intake manifold yang halus layaknya manifold koso yang mahal tentu sangat bagus melancarkan aliran udara/bahan bakar yang ingin masuk ke porting. membuka filter udara adalah cara yang paling mudah :)
  • Bathtub Cylinder Head by. RAT
  • Lepaskan gas buang denga bebas keluar – Jika hambatan udara membuat gas keluar dari silinder, ini akan mengambil tenaga mesin. Sama seperti kita jika susah BAB, hahahha… :D sama gak sih?! :) Cara memperlancar gas buang gimana? Apa pasang knalpot free flow? Itu satu cara, urutan pelepasan gas buang tentu dari klep exhaust. Dengan memperbesar atau head yang memakai dua klep buang secara cepat akan mampu melepas gas sisa pembakaran dari dalam silinder. Memperbaiki porting buang, seperti kata pepatah Graham Bell ” Kalok gak seukuran 100 % diameter klep – maka belum racing namanya” hehehe… Yang halus lebih baik. Kalau perlu mengkilat seperti kaca. Kalau perlu, lho… :)   Jika pipa knalpot terlalu keciiilll… seperti bawaan pabrik, atau muffler memiliki banyak sekat akan membuat efek tendangan balik semakin besar. Knalpot performa tinggi memakai rangakaian pipa header yang lebih besar, dan pipa belakang yang semakin membesar, dan muffler free flow yang akan mengusir kotoran jauh-jauh dari dalam silinder. Penyakit kok dipelihara dalam perut… :D Jika kamu mendengar knalpot free-flow, maka tujuan memakai knalpot itu adalah meningkatkan tenaga mesinnya.
  • Muffler Racing
  • Buat semuanya ringan – Part yang lebih ringan membantu mesin bekerja lebih baik. Setiap piston berubah arah, pasti memerlukan energy untuk berhenti dan memulai ke arah yang lain. Piston yang lebih ringan mengurangi pemakaian energy ini. Mengurangi beban gesekan, mengurangi beban rotasi, semua hal ini apa yang disebut meningkatkan efisiensi mekanis.
Injection – Sistem kontrol campuran bahan bakar secara elektronis melalui injector akan memberikan keakuratan tingkat tinggi pada setiap derajat langkah piston dan kepastian debit yang dibutuhkan sesuai beban mesin. Oleh karenanya teknologi ini meningkatkan performa dan pemakaian bahan-bakar yang lebih ekonomis. Jadi, mengapa mengganti injeksi dengan karburator jika ingin meningkatkan tenaga motor

Tidak ada komentar: